Minggu, 21 April 2024

Menilik Museum WR Soepratman Pencipta Lagu Ibu Kita Kartini

 Menilik Museum WR Soepratman Pencipta Lagu Ibu Kita Kartini

 





Surabaya, rakyatindonesia.com - Hari Kartini lekat kaitannya dengan sosok pahlawan nasional WR Soepratman. Ia merupakan pencipta lagu Ibu Kita Kartini. Lagu ikonik yang menjelaskan siapa Kartini ini kerap dinyanyikan di momentum Hari Kartini.
Selain pencipta lagu Ibu Kita Kartini, WR Soepratman merupakan penulis lagu Kebangsaan Indonesia, Indonesia Raya. Sejarah tentang WR Soepratman, dapat dilihat di Museum WR Soepratman ini.

Museum WR Soepratman berada di Jalan Mangga Nomor 21 Surabaya. Dulunya, museum ini merupakan rumah dari kakak WR Soepratman. Museum ini juga sekaligus menjadi tempat wafat pria yang piawai memainkan biola.

Museum ini diresmikan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada Sabtu (10/10/2018). Peresmian tersebut juga dihadiri perwakilan keluarga WR Soepratman dari Purworejo.

Lantas, bagaimana sejarah dari museum WR Soepratman? Simak selengkapnya di bawah ini!

Sejarah Museum WR Soepratman
Dilansir dari laman resmi bappredalitbang.surabaya.go.id,, mulanya bangunan ini milik rumah kakak pertama WR Soepratman. Nama kakaknya yakni Roekiyem Soepratijah. WR Soepratman tinggal di rumah ini dari tahun 1937 sampai akhirnya meninggal dunia pada 17 Agustus 1938.

Pada museum ini, hanya terdapat dua kamar tidur di sisi kanan dan ruang tamu di sisi kiri. Di ruang tamu, tampak foto WR Soepratman saat muda. Selain itu, terdapat juga fotonya saat bersama keluarga dan kerabat terdekatnya.

Di ruang tamu, juga terdapat replika dari baju WR Soepratman yang dikenakan saat menghadiri Kongres Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Sementara, di kamar depan terdapat lemari yang berisikan replika biola. Kamar depan ini dulunya merupakan kamar yang ditinggali oleh WR Soepratman. Kamar ini tidak mempunyai pintu, sehingga hanya bisa masuk lewat jendela depan. Hal tersebut untuk mengelabui aparat Hindia Belanda saat itu.

Di kamar lainnya, terdapat beberapa foto WR Soepratman saat muda dan sekilas tentangnya semasa hidup. Ada pula beberapa penghargaan yang diterima oleh WR Soepratman.

Misalnya saja perangko lama, uang yang bergambar WR Soepratman, dan nama jalan di beberapa wilayah kabupaten atau kota di Jawa Timur yang menggunakan nama WR Soepratman.

Cara Berkunjung ke Museum WR Soepratman
Untuk detikers yang ingin belajar sejarah dan mengenal lebih dekat salah satu pahlawan Indonesia ini, bisa langsung datang ke Museum WR Soepratman.

Lokasinya berada di Jalan Mangga Nomor 21, Tambaksari, Kota Surabaya. Museum ini buka setiap Selasa hingga Minggu mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Untuk berkunjung ke sini, pengunjung tak dikenakan biaya alias gratis.

Adapun syarat dan ketentuan saat berkunjung ke museum ini adalah menjaga kebersihan tempat wisata, dilarang makan dan minum, dan mengikuti himbauan dan petunjuk petugas wisata.

(red.alz)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved