Sabtu, 27 Januari 2024

Ke Kampung Coklat Blitar, Atikoh Kenang Ganjar Sering Beri Cokelat

 Ke Kampung Coklat Blitar, Atikoh Kenang Ganjar Sering Beri Cokelat

 

Blitar rakyatindonesia.com - Istri calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti, mengunjungi Kampung Cokelat yang merupakan destinasi wisata edukasi di Blitar, Jawa Timur (Jatim). Atikoh mengenang momen suaminya, Ganjar Pranowo, saat memberinya cokelat.


Pantauan wartawan di lokasi, Blitar, Sabtu (27/1/2024), awalnya Atikoh berkeliling ke kebun Pohon Cocoa. Setelah itu, ia pun melihat-lihat pabrik pembungkusan coklat tersebut.



Selanjutnya, Atikoh melihat proses pengolahan cokelat hingga pengemasan. Dia sempat berbincang dengan para pekerja. Dia pun mendekati chocolate fondue yang tersedia.



"Cokelat masih hangat. Enak banget. Enak banget bener. Benar-benar asli," kata Atikoh kepada wartawan di lokasi.


Selanjutnya Atikoh pun menuju galeri cokelat tempat penjualan coklat. Ia membeli beberapa batang coklat lalu, kemudian teringat momen kerap dibelikan cokelat oleh Ganjar. Begitu juga sang anak, Alam Ganjar, Atikoh juga kerap mendapat cokelat dari Alam Ganjar.



"Kalau dulu sering ya (dibelikan cokelat, red)," ungkapnya sambil tersenyum.



"Sekarang cari sendiri," sambungnya sambil tertawa.



Atikoh selanjutnya mengaku kagum dengan Kampung Cokelat di Blitar. Dia menilai Kampung Cokelat bisa menjadi contoh kecil dari wujud kedaulatan pangan.


Dia menilai Kampung Cokelat memiliki sistem pertanian terpadu atau integrated farming, karena menggabungkan perkebunan cokelat hingga produksinya sekaligus menjadi tempat wisata. Hal itu membuat Kampung Cokelat menyerap banyak tenaga kerja dari masyarakat setempat.



"Dari mulai pembibitannya tadi ada, kemudian tanaman kebun cokelat yang ada di sela-sela itu juga ada tanaman lain, ada kolam," ujarnya.


"Kalau saya sebut ini sih sosiopreuner, ya, bukan hanya kewirausahaan tetapi juga melibatkan seluruh elemen masyarakat yang manfaatnya juga dilaksanakan oleh masyarakat," pungkas Atikoh. (red.w)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved